Minggu, 19 Juni 2011

toshiba satelit L300

sekitar sebulan yang lalu ada temanku ingin mereparasi laptopnya toshiba satelit l300
dengan kerusakan jika di hidupkan tanpa batre tidak bisa
jika masuk windows layar pecah-pecah
jika di hidupkan dengan batre tp dengan carger terpasang tidak bisa
jika di instal ulangpun selalu mati di tengah jln
hanya bisa masuk safe mode
sebelumnya saya prediksi bahwa kerusakan itu adalah vganya atau ic chipsetnya
ternyata saya keliru...saya perhatikan secara seksama sepertinya ada komponen yg lemah yg tak mampu untuk mengangkat ic powr saya pikir klo harus mengangkat ic chipset itu sudah pilihan terakhir...karna resikonyapun besr jika gagal kemungkinan besar laptop akan jadi bangkai...ataw rusak permanen...dan hanya org yg benar'' mahir yg sanggup memperbaikinya atau jaln terakhir harus ganti mainbord tp setelah saya tanya harga mainbord sekitar -+ 2 jt wow hapir sama dengan harga sekenya....
tp akhirnya cari punya cari...ketemulah penyakitnya
yang rusak itu ternyata posisinya ada di bawah prosesor berbentuk segi empat panjang ada 3 mungkin salah satunya atau seluruhnya sudah rusak, kapasitor itulah yg membuat mainbord tidak stabil....ah...lega rasanya setellah ketemu penyakitnya sebelumnya saya tanyakan ke mangga 2 tempet servis laptop, berapa harg servisnya, hrgnya sekitar 500 rb sampe 700 rb tergantung di tinggal apa di tggu
semoga pengalaman ini bisa membantu teman'' yg menemukan kerusakan pada laptop toshiba satelit l300

1 komentar:

  1. cara ganti nya gimana gan,,,apa bisa di ganti dengan kapasitor lain and berapa ukurannya

    BalasHapus